My Daily Life Experiences in BINUS

Just another Binusian blog site

LAPORAN AKHIR CB AGAMA 2018/2019

January20

PROPOSAL

CHARACTER BUILDING: AGAMA

Ketua:

Astrid R. F.                                                                                        2101635561

Anggota:

Aldo Wijaya                                                                                      2101719251

Azzah Salwaa                                                                                    2101648091

Jordany Shohan                                                                                2101633322

Khansa Khairunnisa A.                                                                   2101633026

Leonaldo Jovian S.                                                                           2101635366

  1. Fahrul Bachtiar 2101710025

 

 

LA32

School of Design

Desain Komunikasi Visual New Media

UNIVERSITAS BINA NUSANTARA

 

LEMBAR PENGESAHAN PROPOSAL

 

Judul Kegiatan            : Kerjasama Antar Umat Beragama

Lokasi                         : Panti Asuhan Sanggar Kasih

Target Kegiatan          : Anak-anak panti asuhan

Nama Ketua                : Astrid Rania F.

Anggota Kelompok     :

  1. Aldo Wijaya
  2. Azzah Salwaa
  3. Jordany Shohan
  4. Khansa Khairunnisa A.
  5. Leonaldo Jovian S.
  6. Fahrul Bachtiar

Mata Kuliah    : Character Building Agama

Kelas   : LA32

Dosen  : Heru Christanto

Jakarta, 13 Oktober 2018

 

 

Mengetahui,                                                                                        Ketua Kelompok

 

(…………………………)                                                                                    (………………………….)

Dosen Character Building

 

 

 

 

KATA PENGANTAR

Puji syukur marilah senantiasa kita panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa yang telah melimpahkan rahmat, dan kasih sayang-Nya sehingga kita masih diberikan kesehatan dan kesempatan untuk menjalankan aktivitas kita, sehingga proposal ini telah selesai kami susun. Sebagai makhluk sosial, sepatutnya kita menyadari bahwa masih banyak saudara kita yang sangat membutuhkan bantuan dan dorongan dari kita. Kami selaku mahasiswa Binus University, akan memanfaatkan kesempatan ini untuk menunjukan rasa kepedulian terhadap sesama.

Diharapkan, suatu kegiatan Bakti Sosial yang dikelola secara optimal dan terorganisir dapat mengemas misi pendidikan, sekaligus sebagai sarana alokasi bantuan materiil bagi masyarakat yang membutuhkan, dimana pada akhirnya akan menuju perbaikan taraf hidup serta peningkatan kesejahteraan jangka panjang yang mandiri dan terarah, terutama untuk masyarakat yang sangat membutuhkan uluran tangan kita semua.

Tujuan dari proposal ini adalah sebagai pembimbing agar kegiatan yang akan kami laksanakan ini dapat berjalan dengan baik, lancar dan terarah. Dukungan dari berbagai pihak akan menjadi suatu kehormatan dan harapan besar bagi kami. Untuk kemudian bersama-sama, dapat mewujudkan tujuan sosial kemanusiaan kemasyarakatan melalui kegiatan ini.

Kami menyadari penyusunan proposal ini masih jauh dari kesempurnaan. Oleh karena itu, kami sangat mengharapkan saran serta kritik yang bersifat membangun agar dengan saran dan kritikan tersebut kami dapat memperbaiki kesalahan-kesalahan yang ada dalam penyusunan proposal ini.

 

 

 

Jakarta, 13 Oktober 2018

 

 

Panitia

 

 

 

 

DAFTAR ISI

 

Lembar Pengesahan                                                                            2

Pendahuluan                                                                                       3

Daftar Isi                                                                                             4

BAB I

Latar belakang                                                                          5

Dasar                                                                                         5

Tujuan                                                                                       5

BAB II

Metode Pelaksanaan                                                                 6

Tempat dan Waktu Pelaksanaan                                               6

Susunan Acara                                                                          7

BAB III

Penutup                                                                                      8

Refleksi                                                                                      8

LAMPIRAN                                                                                     10

 

 

 

 

 

 

 

 

BAB I

PENDAHULUAN

  1. LATAR BELAKANG

Pada dasarnya, manusia adalah makhluk sosial. Manusia perlu menjalin hubungan dengan orang lain dalam memenuhi kebutuhan hidupnya. Setiap orang memerlukan individu lain dalam memenuhi kebutuhan psikologisnya. Dalam bidang-bidang lainnya pun, manusia tetap membutuhkan bantuan orang lain, bahkan sampai aspek terkecil yang tidak disadarinya. Dari urusan bekerja, jual beli, bahkan hingga makan, selalu ada bantuan/pengaruh dr orang lain, dari tahap produksi, distribusi, dsb. Kerja sama perlu dilakukan dalam mewujudkan kondisi yang harmonis & lancar.

Dalam menjaga keharmonisan masyarakat, toleransi antar umat perlu dipelihara. Selain itu orang-orang pun perlu melihat individu lain sebagai manusia, dengan lebih mengedepankan kemanusiaan dibandingkan  perbedaan dan urusan lainnya. Dengan mengedepankan rasa peduli terhadap semsama manusia, hubungan antar umat dan golongan pun bisa berjalan lebih lancar, sehingga menimbulkan atau meningkatkan keharmonisan dalam masyarakat. Maka itu kami rasa perlu ditingkatkan rasa toleransi, kepedulian, dan kemanusiaan antar umat, apalagi melihat adanya kasus-kasus bersangkutan unsur SARA yang marak belakangan ini. Pada akhirnya, orang-orang pun harus mengesampingkan perbedaan-perbedaan yang mereka miliki, untuk mencapai tujuannya dalam memenuhi kebutuhan hidup.

Untuk itu, kelompok kami memutuskan untuk melakukan kegiatan yang menjadikan kerjasama antar umat beragama sebagai dasarnya. Lewat kegiatan ini kami berniat menunjukkan kegiatan di mana orang-orang bisa saling bekerja sama, tanpa melihat perbedaan di antara mereka.

  1. DASAR

Dasar dari keikutsertaan kami dengan kegiatan dari HIMK yang mengadakan Baksos ke panti asuhan adalah sebagai sebagian dari tugas pelajaran CB kami mengenai kepentingan hubungan umat beragama. Dan rasa kepedulian kami kepada masyarakat sekitar dan ingin membuat masyarakat sekitar menyadari pentingnya adanya sifat saling menghormati dan mau saling membantu antar umat beragama.

  1. TUJUAN

Kami mengadakan kegiatan ini untuk menyadarkan kepentingan adanya toloransi terhadap umat beragama. Dengan diadakan kegiatan ini semoga kesadaran akan pentingnya adanya sikap saling menghargai dan mau tolong menolong antar umat beragama bertumbuh semakin pesat.

 

 

BAB II

PELAKSANAAN KEGIATAN

  1. METODE KEGIATAN

Metode kegiatan yang akan kami laksanakan adalah dengan memahami tujuan dari kegiatan yang akan kita lakukan, mendalami, dan melaksanakan kegiatannya dengan harapan dapat menjalin tali kerja sama antar umat beragama. Kami menginginkan respon yang baik dari masyarakat sana atas adanya kegiatan ini. Yang akan kami lakukan adalah sebagai berikut:

  • Berkunjung dan mensurvei lokasi panti asuhan yang akan bekerja sama dengan kita,.
  • Berbicara, memahami tujuan dan menjalin kerja sama dengan pengurus di sana.
  • Mencatat dan mempersiapkan barang-barang yang akan dibagikan.
  • Mengantarkan barang-barang yang siap dibagikan
  • Melakukan dokumentasi pada setiap kegiatan yang dilakukan.
  • Menjaga tali kerja sama antar umat beragama.

 

  1. WAKTU DAN TEMPAT PELAKSANAAN

Kegiatan bakti sosial bekerja sama dengan panti asuhan Sanggar Kasih

Waktu            :           Rabu, 19 Desember 2018

Tempat           :         Jl. Perumahan Green Ville No.21, RT.8/RW.9, Duri Kepa, Kb. Jeruk, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11510

Target             :           Anak-anak panti asuhan

 

 

 

 

 

  1. SUSUNAN ACARA
  • Tanggal 18 Desember 2018

Kami melakukan survei lokasi pada panti asuhan Sanggar Kasih dan menjalin kerja sama dengan pengurus di sana sebelum melaksanakan kegiatan bakti social dan membicarakan hal-hal yang akan kami bawa. Kami juga mengobservasi anak-anak yang ada di panti asuhan untuk menentukan apa yang akan diberikan untuk mereka.

  • Tanggal 19 Desember 2018

Kami berangkat bersama ke panti asuhan Sanggar Kasih pukul 13:00 dari Binus Syahdan. Karena anak-anak Sanggar Kasih sudah berumur dari 14-16 tahun, kami memutuskna untuk membawakan mereka pizza serta beberapa snack untuk diberikan kepada mereka. Pukul 14:00, setelah pengurus mengumpulkan anak-anak yang ada di rumah kami memulai kegiatan kami sebelumnya dengan memakan pizza yang kami bawa sambil berbincang-bincang mengenai kegiatan mereka sehari-hari. Dari 11 anak yang tinggal di rumah itu, ada 4 orang yang tidak hadir karena sedang kuliah atau sedang ada kegiatan dan sedang ada juga yang tinggal di asrama. Kami juga mengetahui bahwa mereka sudah bersama-sama di panti asuhan ini sejak bayi. Setelah selesai makan, kami kemudian bermain game tebak gaya, dimana kami ikut bermain dengan anak-anak dan membuat 2 tim. Game berlangsung selama sekitar 1 jam dan dengan skor 15-20, tim 2 menang. Kami kemudian memberikan snack kepada tim pemenang. Karena kebetulan mereka ada diundang acara malam hari itu, tidak lama setelah game selesai kami bercerita-cerita sebentar lalu berpamitan dengan anak-anak dan pulang.

 

 

 

 

 

 

 

BAB III

PENUTUP

Demikian proposal kegiatan ini kami buat, sebagai gambaran kegiatan yang telah kami laksanakan. Semoga kegiatan ini dapat bermanfaat bagi semua. Atas kebijaksanaanya kami sampaikan terima kasih. Sebagai ungkapan terimakasih, kami berharap dan berdoa semoga amal baik yang telah Bapak/Ibu/Sdr/i berikan mendapat anugerah dari Tuhan Yang Maha Esa, serta dapat bermanfaat sebaik-baiknya bagi yang menerima bantuan.

 

REFLEKSI

  1. Astrid R. (2101635561)

Pengalaman ini membuat saya sadar bahwa dibutuh kan toleransi dan sifat kemanusiaan untuk menjaga kerukunan antar sesama meskipun adanya perbedaan agama. Dari kegiatan ini saya sadar bahwa meskipun adanya perbedaan dalam kegiatan di agama lain tetapi tidak merubah bahwa pada dasarnya kita adalah manusia. Tidak ada agama yang derajatnya lebih tinggi ataupun lebih rendah dari agama lain. Maka dari itu kita harus menanam rasa kasih saying dan saling membantu khususnya kepada orang-orang yang kurang beruntung.

  1. Aldo Wijaya (2101719251)

Menurut saya, pengalaman untuk melayani dan membantu panti asuhan Kristen ini tidak hanya mengajarkan saya tapi, juga teman-teman sekelompok saya lainnya untuk meningkatkan rasa toleransi atas segala kegiatan yang dilakukan pada lokasi. Teman-teman saya yang di luar agama Kristen pun jadi memahami setiap kegiatan yang dilakukan oleh umat beragama Kristen dan jadi memunculkan kerukunan antar umat beragama dan lain sebagainya menjadi lebih terbuka. Lalu pandangan kita juga jadi lebih dibukakan luas untk melihat segala sesuatu tidak dari satu sisi saja melainkan sudut pandang yang luas. Memahami kondisi mereka anak panti asuhan juga mengajarkan kita untuk mempunyai kasih antar sesama lebih dalam lagi sehingga kita bisa mengasihi orang lain tidak hanya dari agama tertentu saja.

  1. Azzah Salwaa (2101648091)

Menurut saya, pengalaman yang saya dapatkan melalui kunjungan ke panti asuhan Sanggar Kasih ini membuat saya mendapatkan pandangan lain melalui agama Kristen. Seperti kebiasaan para anak anak panti setiap harinya, waktu ibadah mereka, dan kegiatan-kegiatan yang mereka lakukan. Kunjungan ini pun meningkatkan rasa toleransi saya bahwa mereka pun melakukan hal yang sama dengan kita umat Islam beribadah sesuai ketentuannya masing masing, melakukan kebaikan, menolong dan berjuang bersama-sama di panti asuhan tersebut, dan tentunya menjalin kekeluargaan walaupun berasal dari darah yang berbeda.

  1. Jordany Shohan (2101633322)

Lewat kegiatan ini, saya jadi lebih menyadari bahwa untuk menjaga & memunculkan kerukunan dan saling bantu antar umat, diperlukan pula rasa toleransi & kemanusiaan, yang mana sebenarnya nilai ini pun diajarkan juga dalam agama. Untuk kegiatan beragama, kita tidak bisa hanya mengikuti unsur ritualistik saja, tapi juga mendalaminya ajarannya supaya lebih memahami esensi ajaran itu & menghadirkan keharmonisan.

  1. Khansa Khairunnisa (2101633026)

Bagi saya, dapat berbagi cerita & pengalaman dengan anak-anak panti asuhan mengajarkan saya untuk lebih menghargai usaha orangtua saya, menambah rasa cinta kepada mereka, merawat orangtua saya dengan lebih telaten & saya menjadi lebih paham dengan kegiatan orang yang memiliki perberbedaan keyakinan dan memperkuat rasa toleransi saya terhadap umat antaragama. Saya juga merasakan nikmatnya kerukunan antarumat beragama yang disisi lain pembahasan agama di Indonesia merupakan topic yang sensitive, jadi saya sangat senang dapat membahasnya secara terbuka dengan anak-anak. Karena saya percaya dengan adanya toleransi yang merata dapat menciptakan lingkungan yang sehat dan damai.

  1. Leonaldo J. (2101635366)

Pengalaman ini mengajarkan banyak hal dari cara bekerja sama antar umat beragama. menerima dan memahami perbedaan antar umat beragama dan juga pentingnya rasa toleransi. Menurut saya, kebersamaan mereka dapat menjadi contoh untuk kita jika menjalin hubungan dengan orang lain.  Kedepannya saya harus lebih memperhatikan lingkungan saya, bahwa masih banyak orang-orang yang kurang beruntung dan saya harus bersyukur terhadap hal-hal yang saya miliki.

  1. Fahrul Bachtiar (2101710025)

Menurut saya, pada saat kunjungan ke panti asuhan Sanggar Kasih ini mengajarkan akan rasa toleransi sesama umat manusia. Saya pun jadi memahami kegiatan yang dilakukan oleh umat beragama kristen di panti asuhan sanggar kasih ini, Banyaknya suku dan ras yang berbeda membuat kami mengerti pahamnya toleransi, karena toleransi sangat penting untuk seluruh umat manusia. Karena untuk mengetahui sesuatu tidak dari satu sisi, melainkan dari sudut pandang yang luas. Jadi sayapun mengerti kondisi anak anak pada panti asuhan, mereka (anak panti asuhan) mengajarkan kita juga untuk memahami, Karena kita ini berbeda beda suku, agama, dan ras tetapi kita tetap satu.

 

 

LAMPIRAN

 D2686_LA32_2101635561

 

LINK FILM

 

https://drive.google.com/file/d/1lQJg44RPBbIn6ic80kPgRt-jo2dly6Yy/view

posted under Uncategorized

You must be logged in to post a comment.